MODUL AJAR PAI DENGAN METODE DBL MATERI KERAGAMAN KELAS 4

 

Modul Ajar Pendidikan Agama Islam

 

Informasi Umum

Nama Penyusun                   :  Azza Nurul Laila

Institutsi                               :  SD Negeri Tlogowero

Tahun Penyusunan              :  2024

Jenjang Sekolah                   : Sekolah Dasar (SD)

Kelas/ Semester                   : IV/ I

Alokasi Waktu                     : 4 jp x 35 Menit

Kompetensi Awal                : Peserta didik mengetahui pentingnya sikap menghormati dan menghargai terhadap orang lain

 

v  Profil Pelajar Pancasila                                                            

1.     Berkebhinekaan Global: Siswa mampu hidup dalam keberagaman, menghargai perbedaan agama, budaya, dan suku.

2.     Berakhlak Mulia: Siswa menunjukkan sikap hormat, santun, dan saling menghargai antar sesama tanpa memandang perbedaan keyakinan

v  Pelajar Rahmatan lil Alamin                                               :

1.     Toleransi: Siswa belajar menghargai keragaman dan menjunjung tinggi perdamaian.

2.     Kasih Sayang: Siswa meneladani sifat kasih sayang terhadap semua makhluk, tanpa memandang perbedaan keyakinan.

3.     Keadilan: Siswa memahami prinsip keadilan dalam berinteraksi dengan semua orang, termasuk dalam perbedaan agama.

 

v  Sarana Prasarana :

1.     Media Pembelajaran: Papan tulis, proyektor, dan video yang berkaitan dengan keragaman agama.

2.     Bahan Pendukung: Buku PAI, modul digital, Al-Qur'an (terutama ayat-ayat tentang toleransi dan saling menghargai), video pembelajaran https://youtu.be/Nox4gf7cD6s?si=ETqfOKVDiCgOWIvW (TPACK)

3.     Lingkungan Belajar: Lingkungan yang nyaman dan aman bagi semua siswa untuk berpendapat dan berdiskusi.

v  Target Peserta Didik

Peserta didik regular Kelas IV berjumlah 11 orang (tidak ada ABK)

v  Model Pembelajaran

Pembelajaran Diferensiasi (Differentiated Based Learning): Pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan siswa, menggunakan berbagai metode dan media.

 

 

 

Komponen Inti

A.     Tujuan Pembelajaran

1.     Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya menghormati perbedaan agama dengan benar.

2.     Peserta didik dapat menunjukkan sikap menghargai teman yang memiliki agama berbeda dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

3.     Peserta didik mampu memahami nilai-nilai ajaran Islam yang mengajarkan toleransi dan hidup berdampingan dalam keragaman dengan benar

B.    Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

1.     Peserta didik mampu menjelaskan konsep menghormati perbedaan agama. (kognitif)

2.     Peserta didik menunjukkan sikap hormat kepada teman yang berbeda keyakinan, baik dalam kata maupun tindakan. (Afektif)

3.     Peserta didik mampu berinteraksi dengan teman yang berbeda agama secara positif, misalnya dengan tidak memaksakan keyakinan. (Psikomotorik)

C.    Pemahaman Bermakna

Saling menghormati dan menghargai adalah kunci untuk menciptakan masyarakat yan damai dan harmonis, sebagaimana diajarkan dalam Islam. Toleransi dalam perbedaan agama adalah bagian dari ajaran Islam yang menunjukkan kasih sayang dan keadilan untuk semua makhluk.

D.    Pertanyaan Pemantik

1.     Mengapa kita harus menghormati orang yang memiliki keyakinan berbeda?

2.     Bagaimana cara kita menunjukkan sikap saling menghargai dalam keragaman agama?

3.     Apa yang Islam ajarkan tentang toleransi dan hidup damai dalam keberagaman?

E.    Kegiatan Pembelajaran (mencerminkan penerapan pendekatan DBL)

v  Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

1.     Guru membuka kelas dengan salam dan doa bersama sesuai kebiasaan sekolah.

2.     Guru menampilkan video atau gambar singkat terkait keberagaman agama melalui media digital (TPACK), yang akan memicu refleksi siswa terhadap pengalaman mereka. https://youtu.be/KmXcqWtDPbE?si=irIqM7iL0g5IYnj1

3.     Guru meminta siswa untuk merenungkan pengalaman mereka ketika berinteraksi dengan teman-teman yang berbeda agama. "Apa yang kalian rasakan ketika berinteraksi dengan orang yang berbeda agama?" (Reflective Thinking).

4.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran secara jelas, yaitu siswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan sikap saling menghormati dalam keberagaman agama.

5.     Pembagian Kelompok Berdasarkan Tingkat Pemahaman (Differentiated Product):

Kelompok 1: Peserta didik yang memiliki pemahaman dasar. Mereka belum sepenuhnya memahami konsep toleransi dan keragaman.

Kelompok 2: Peserta didik dengan pemahaman menengah. Mereka sudah memahami konsep dasar, tetapi perlu pendalaman tentang bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kelompok 3: Peserta didik dengan pemahaman tinggi. Mereka telah memahami konsep dengan baik dan siap untuk melibatkan diri dalam analisis yang lebih mendalam serta memberikan kontribusi lebih aktif.

v  Kegiatan Inti (50 menit)

1.     Pendalaman Materi (15 menit per kelompok)

a.     Kelompok 1 (Pemahaman Dasar):

·       Guru memberikan penjelasan yang lebih sederhana tentang konsep toleransi dan penghargaan terhadap perbedaan agama. Media visual seperti gambar atau video digunakan untuk membantu siswa memahami dengan lebih baik.

·       Tugas: Siswa diminta untuk membuat poster sederhana tentang "Indahnya Hidup Berdampingan dalam Perbedaan". (Creative thinking)

b.     Kelompok 2 (Pemahaman Menengah):

·       Guru memberikan pembahasan lebih mendalam tentang bagaimana Islam mengajarkan toleransi dan menghargai perbedaan agama. Siswa diajak menganalisis ayat-ayat Al-Qur'an atau hadits yang relevan. (Critical Thinking)

·       Tugas:  Siswa diminta membuat paragraf  pendek tentang pentingnya toleransi dalam kehidupan sehari-hari. (Decision Making)

c.     Kelompok 3 (Pemahaman Tinggi):

·       Guru memberikan studi kasus atau contoh peristiwa di mana toleransi dalam keberagaman menjadi sangat penting (misalnya peristiwa sosial atau sejarah). Siswa diminta untuk memberikan pendapat dan analisis terhadap kasus tersebut. (Reflective Thinking)

·       Tugas: Siswa diminta untuk membuat esai atau presentasi yang membahas bagaimana nilai-nilai toleransi bisa diterapkan dalam konteks global dan dalam komunitas mereka sendiri. (Decision Making)

2.     Diskusi dan Pertanyaan Tiap Kelompok (10 menit)

a.     Kelompok 1: Diskusi berfokus pada pertanyaan sederhana seperti, "Mengapa kita harus menghargai orang yang berbeda agama?" dan "Bagaimana cara kita menunjukkan sikap toleransi?". (Creative Thinking)

b.     Kelompok 2: Diskusi berfokus pada aplikasi nilai-nilai toleransi, seperti "Bagaimana kita bisa menghargai teman yang berbeda agama dalam kegiatan sehari-hari di sekolah?" (Critical Thinking)

c.     Kelompok 3: Diskusi lebih mendalam tentang tantangan yang dihadapi dalam menciptakan toleransi dan harmoni dalam masyarakat. Misalnya, "Apa dampak dari tidak menghormati perbedaan agama dalam masyarakat?" atau "Bagaimana kita bisa membantu menciptakan kerukunan di lingkungan kita?" (Decision Making)

3.     Evaluasi dan Umpan Balik Tiap Kelompok (15 menit)

a.     Kelompok 1: Siswa mempresentasikan poster mereka di depan kelas, dan guru memberikan umpan balik tentang visualisasi dan pemahaman mereka mengenai toleransi.

b.     Kelompok 2: Siswa membaca paragraf yang mereka buat, dan guru memberikan umpan balik mengenai isi dan kesesuaian dengan konsep toleransi.

c.     Kelompok 3: Siswa mempresentasikan esai atau studi kasus yang mereka analisis, dan guru memberikan umpan balik terkait dengan argumentasi dan kedalaman pemahaman siswa terhadap konsep toleransi dalam keragaman agama

v  Kegiatan Penutup (10 menit)

1.     Guru memandu siswa untuk melakukan refleksi singkat tentang apa yang telah dipelajari, misalnya dengan pertanyaan, "Apa pelajaran terpenting yang kalian dapatkan dari materi ini?".

2.     Guru memberikan rangkuman singkat tentang poin-poin utama dari pembelajaran hari ini, yakni pentingnya menghargai perbedaan agama dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

3.     Siswa diberi tugas untuk mengamati situasi di lingkungan mereka (di rumah, di sekolah, atau di masyarakat) di mana sikap saling menghargai dalam keragaman ditunjukkan, lalu menuliskan cerita atau pengamatan tersebut dalam buku tugas.

4.     Guru menutup pelajaran dengan doa bersama. (Religius)

F.     Asesmen

       Diagnostik

       Sumatif

       Formatif

G.    Pengayaan dan Remidial

       Pengayaan

Ä  Peserta didik yang daya tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap materi yang telah dipelajari.

       Remidial

Ä  Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dengan pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.

H.    Glosarium

1.     Pembelajaran Diferensiasi yakni Pendekatan pembelajaran yang menyesuaikan metode, materi, dan evaluasi berdasarkan kebutuhan, kesiapan, dan minat siswa agar setiap siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal.

2.     Keragaman Agama merupakan Keberadaan berbagai agama yang dianut oleh masyarakat dalam satu lingkungan atau negara yang mengharuskan sikap saling menghormati dan menghargai antarumat beragama.

3.     Toleransi yakni Sikap menghormati dan menghargai perbedaan, termasuk dalam hal keyakinan agama, tanpa merendahkan atau menyinggung keyakinan orang lain.

4.     Studi Kasus merupakan Metode pembelajaran yang menggunakan kejadian nyata sebagai bahan analisis untuk memahami suatu konsep atau permasalahan.

5.     Umpan Balik (Feedback) adalah Respons atau penilaian yang diberikan oleh guru untuk membantu siswa mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam pembelajaran serta untuk meningkatkan pemahaman mereka

6.     Esai adalah Tulisan yang berisi pendapat atau analisis seseorang tentang suatu topik, yang biasanya didukung dengan alasan dan bukti-bukti.

I.      Daftar Pustaka

1.     Depdikbud. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan Guru SD/MI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

2.     Kementerian Agama RI. (2016). Al-Qur'an dan Terjemahannya. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

Agus Susilo Wardoyo, S.Pd

NIP. 19830605 200604 1 007

 

Tlogowero, 13 Agustus 2024

Guru PAIBP

 

 

 

Azza Nurul Laila, S.Pd.

NIP. 199507282022212019

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Surat Al-Fatihah

Makalah Sejarah Pendidikan Islam